Jumat, 02 November 2012

Cara membuat Blog

Hai, kali ini saya mau buat tuorial “Cara Baru Buat Blog DI Blogspot / Blogger“. Berhubung kemarin teman kampus banyak yang bingung karena selalu gagal waktu buat blog, makanya disini saya coba buat tutorialnya di lengkapi gambar biar mudah di ikuti. Buat anda yang ingin buat blog juga, ayo silakan di praktekan! :D

Pertama kita buka dulu alamat bloggernya disini : http://blogger.com
Cara buat website mudah di bloggerTampilannya seperti di atas. Selanjutnya, karena blogger/blogspot ini adalah salah satu layanan dari google, maka sangat di sarankan untuk mendaftar dengan menggunakan email Gmail. Pakai yahoo bisa saja, tapi sangat rentan timbul masalah di suatu saat. Oke?
Jika anda sudah punya akun Gmail, anda bisa dengan mudah login terlebih dahulu dengan mengisi email dan sandi seperti gambar di atas. Selanjutnya akan tampil halaman seperti di bawah ini.
buat blog di blogger Pada halaman di atas, kita perlu mengisi kotak Nama Tampilan. Nama ini akan dijadikan nama tampilan kita di blog nanti. Tulis saja nama anda. Lalu klik LANJUTKAN.
Buat blog di blogspot baru
Pada halaman di atas, anda sudah memiliki sebuah akun di blogger.com. Langkah selanjutnya adalah membuat 1 blog di akun tersebut. Klik tombol “CIPTAKAN BLOG ANDA”.
cara mudah daftar di blogspot baru
Sekarang kita masuk ke tahap membuat blognya. Pada gambar di atas, isi judul blog anda. Bisa dengan nama anda bisa juga dengan nama blog anda nantinya. Lalu pada kota Alamat blog (URL), isi dengan url blog yang anda inginkan. Url ini yang akan di jadikan alamat blog anda nantinya. Usahakan beri dengan nama yang tidak terlalu panjang, agar orang lain tidak kesusahan menghapal URL anda yang panjang itu. :)
Jangan lupa klik “Cek Ketersedian” untuk mengecek apakah alamat URL yang kita buat masi tersedia atau tidak. Jika muncul teks berwarna merah, berarti Url itu sudah ada yang punya, jadi kita harus menggantinya dengan nama yang lain. Cek sampai muncul tulisan warna hijau : Alamat blog ini tersedia. Jika sudah, klik LANJUTKAN.
buat blog cepat dan mudah
Selanjutnya pilih template kesukaan anda. Ini hanya template sementara. Nantinya anda juga bisa kok menggantinya sesuai keinginan anda. Ada banyak template gratis yang bisa pakai secara gratis. Klik LANJUTKAN.

cara cepat buat blog di internet
Oke, sekarang blog anda sudah jadi. Selamat!! Silakan klik MULAI BLOGGING.
buat blog gratis di blogspot
Setelah klik tombol mulai blogging, maka anda di arahkan ke halaman memposting. Kalau di blogspot sebutannya entry. Nah di halaman ini anda bisa menulis artikel yang ingin anda tampilkan di blog anda. Disana sudah tersedia beberapa tool seperti microsoft word. Silakan di edit sesuai keinginan anda. Hal yang perlu anda isi adalah : Judul tulisan, isi, dan juga label yang ada di bawah itu. Jika selesai, tinggal klik tombol TERBITKAN ENTRI.
mengganti template blogspot cantik
Jika anda sudah melewati proses ini, berarti anda sudah berhasil membuat blog di blogspot. Lihat gambar di atas, tulisan pertama anda sudah di terbitkan. Silakan klik Lihat Entri maka anda akan di bawa ke halaman depan dari blog anda yang berisi hasil tulisan anda sendiri.
langkah membuat blog gratis
Dan seperti inilah tampilan perdana blog anda. Mudah bukan cara membuatnya? Kayaknya gak sampai 5 menit deh. Okelah, selamat bersenang-senang dengan blog gratis anda!
Semoga bermanfaat.. :D

3 komentar: